Tiga Dosa Besar Blogger
SETIDAKNYA ada tiga macam "dosa besar" kalangan blogger, yaitu mengapus credit link pembuat template blog yang digunakannya, copy paste (copas) tulisan blogger lain tanpa menyebutkan sumber, dan menebar komentar spam.

Menghapus credit link footer biasa dilakukan blogger pemula dan blogger amatir. Blogger profesional tidak akan pernah menghapus credit link, kecuali template premium yang dibelinya atau dibuat sendiri.

Blogger pro tahu banget betapa susahnya mengedit template karena membutuhkan pengetahuan khusus (HTML/CSS/JavaScript) dan butuh waktu. Desain template bisa memakan waktu berjam-jam. Jadi, betapa aniayanya blogger yang menghapus link credit desainer template.

Copy paste tanpa menyebutkan sumber adalah "kejahatan intelektual" (intellectual crime) yang melanggar hak cipta. Dikenal dengan plagiarism atau plagiat yang merupakan kejahatan serius dalam dunia akademis dan dunia tulis-menulis atau kreativitas.

Tidak ada larangan copas tulisan selama menyebutkan sumber. Toh skripsi, tesis, dan disertasi --sebagai syarat mendapatkan gelar sarjana-- juga "kebanyakan" hasil copas atau ngutip tulisan orang lain, namun menyebutkan sumbernya (referensi).

Komentar spam merupakan "common enemy" para blogger. Jadi, jika Anda "doyan nyepam" di blog orang lain, artinya Anda memosisikan diri sebagai musuh blogger. 

Alih-alih membangun hubungan baik dan jaringan sesama blogger, dengan nyepam, Anda malah menciptakan musuh atau menjadikan diri Anda sebagai musuh para blogger.

Tiga Dosa Besar Blogger: Hapus Credit Link, Copas, Spam! Setuju???? Wasalam.

2 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama